Friday, January 4, 2019

Beginilah Sejak hari Minggu Lombok diterjang puluhan gempa bumi

Kembali gemba susulan mengguncang Lombok, Senin (20/8) , kurang lebih jam 08. 30. Kesempatan ini skalanya 5, 2 Richter, serta jadi gempa bumi teranyar yg berlangsung di Pulau Lombok serta sekelilingnya sejak mulai Minggu (19/8) .

Hasil pemantauan Tubuh Meteorologi, Klimatologi, serta Geofisika (BMKG) , gempa Senin ini berjalan di kedalaman 10 km., dengan pusat gempa ada 32 km. sisi timur laut Lombok Timur, NTB.

Gempa itu yaitu guncangan susulan yg senantiasa berulang dalam periode empat jam. Awal mulanya, pada jam 06. 29 WIB, ada guncangan sebesar 4, 8 SR, dengan kedalaman 10 km.. Pusat gempa ada di laut sejauh 34 km. sisi timur laut Lombok Utara.

Lantas, pada jam 04. 21 WIB serta 04. 50 WIB berlangsung gempa, semasing sebesar 5, 0 SR serta 5, 2 SR.

Sampai jam 10. 00 WIB, Tubuh Nasional Penanggulangan Tragedi (BNPB) mencatat ada sekitar 101 gempa susulan, serta sembilan salah satunya begitu rasanya.

Ini dia gempa 6, 9 SR serta gempa susulannya (warna merah) yg mengguncang Lombok pada 19/8/2018 jam 19. 56 WIB sampai 20/8/2018 jam 08. 00 WIB. Sumber gempa datang dari Sesar Naik Flores di utara Pulau Lombok serta Sumbawa.
Baca Juga : contoh cerpen singkat

Guncangan penting berkekuatan 6, 9 pada taraf Richter (SR) Minggu (19/8) , dengan korban sekurang-kurangnya dua orang karena tertimpa bangunan.

Sutopo Purwo Nugroho

2 orang meninggal dunia (1 di Lombok Timur, 1 di Sumbawa Besar) tertimpa bangunan tumbang serta banyak rumah rusak karena gempa 7 SR pada 19/8/2018 jam 21. 56 WIB. Listrik tetap padam. Terjadi 7 gempa susulan dirasa (lebih dari 5 SR) pascagempa 7 SR yg mengguncang Lombok.

Bahkan juga, seperti dicuitkan Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Info serta Humas Tubuh Nasional Penanggulangan Tragedi (BNPB) , gempa ikut memicu kebakaran.

" Kebakaran menyerang.menimpa permukiman di Desa Bungin Pulau Bungin Kabupaten Sumbawa NTB. Kebakaran dipicu tersedianya rumah tumbang kala gempa 7 SR lantas rumah terbakar, " ucapnya.

Kebakaran menyerang.menimpa permukiman di Desa Bungin Pulau Bungin Kabupaten Sumbawa NTB. Kebakaran dipicu tersedianya rumah tumbang kala gempa 7 SR lantas rumah terbakar.


Sutopo ikut mengemukakan, " Wisatawan asing di Bali lekas keluar dari bangunan serta rasakan guncangan gempa 7 SR di Lombok Timur pada 19/8/2018 jam 21. 56 WIB. Gempa dirasa keras di Lombok Timur. Gempa ikut dirasa di Bali, Sumbawa, Jawa Timur serta Makassar. "

" Tetap dikerjakan pendataan efek gempa, " imbuhnya.

Disamping itu Palang Merah Indonesia lewat cuitannya menyebutkan, " Paska gempa bumi yg kembali berlangsung (di Mataram) . Listrik padam. Penduduk berhamburan di jalan. "

Guncangan keras yg berlangsung sudah sempat memicu pengungsi di tenda-tenda terjaga.

" Gempanya cukuplah kuat. Semua bergoyang. Kami tengah tidur di tenda, serta tak diduga ada guncangan. . . banyak orang lari ke jalan, berteriak serta menangis, " kata seseorang penduduk Agus Salim terhadap kantor berita AFP.

Content tak ada

Sesaat Sutopo mengemukakan menurut laporan Babinsa ada banyak rusaknya rumah serta bangunan di Desa Korleko Selatan seperti menara Masjid Babussalam Dusun Lembak Daya Kecamatan Sembalun.

" Rumah penduduk yg awal mulanya tetap tegak tetapi rusak, selanjutnya tumbang karena gempa 6, 5 SR, " tuturnya.

Hak atas fotoKHATIB SARBINI
Image caption
Gempa 6, 5 SR memicu beberapa rumah masyarakat tumbang di Sambelia, Kabupaten Lombok Timur, NTB, pada
Sutopo ikut mengemukakan, " Batu-batu berjatuhan menuruni lereng perbukitan serta Gunung Rinjani karena guncangan gempa 6, 5 SR di Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur. Tak ada korban jiwa. Beberapa rumah rusak. "

Hak atas fotoKHATIB SARBINI

Beberapa bangunan yg rapuh karena gempa pada awal Agustus terus, tumbang selesai diguncang gempa 6, 5 SR pada Minggu (19/8) .
Tubuh Meteorologi, Klimatologi, serta Geofisika (BMKG) memberikan laporan gempa itu berlangsung pada jam 11. 10 WIB dengan kedalaman 10 km..

Pusat gempa di sebutkan ada 32 km. sisi timur laut Lombok Timur.

Keadaan pelabuhan di Kayangan Lombok Utara retak karena gempa 7 SR. Belum pula bisa info efek gempa lantaran listrik pada semua Lombok. Komunikasi putus. Keadaan gelap gulita. Gempa susulan tetap berjalan. Mudah-mudahan sedikit korban jiwa serta rusaknya yg lebih kritis.


Gempa pada jam 11. 10 WIB adalah gempa ke-2. Gempa pertama berlangsung empat menit awal mulanya dengan kemampuan 5, 4 SR, 25km sisi timur laut Lombok Timur.

Hak atas fotoUSGS
Image caption
Peta gempa seperti diberitakan Tubuh Survey Geologi AS (USGS) .
Disamping itu, data Tubuh Survey Geologi AS (USGS) sebutkan kalau pusat gempa ada 6, 3 km. sisi timur laut Sembalun, satu diantaranya kecamatan di kabupaten Lombok Timur, yg ada dibawah daerah Taman Nasional Gunung Rinjani.

Lompati Twitter pesan oleh @infoBMKG


Saat wawancara dengan Kompas TV, Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) , Muhammad Zainul Majdi, mengemukakan " ada banyak longsoran di Gunung Rinjani " .

Soal ini dibetulkan oleh Sutopo. Pihaknya mencatat ada longsor di sejumlah titik lereng Gunung Rinjani, seperti di Bukit Pegangsingan serta Bukit Anak Dara Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur.

'Batu-batu pada jatuh'
Material batu-batu dari sisi atas gunung longsor menuruni lereng hingga memunculkan debu di lereng Gunung Rinjani.

" Tak ada korban jiwa lantaran Taman Nasional Gunung Rinjani hingga sampai sekarang ini tetap ditutup. Tak ada kegiatan penduduk serta wisatawan di Gunung Rinjani. Tetapi petugas SAR bakal mengerjakan penyisiran selesai gempa nanti, " bebernya.


" Semua pada was-was. Lantas dari gunung-gunung itu, kita kan disekitar gunung kan, batu-batu pada jatuh, " jelas Minardi.

Kepala Bagian Kedaruratan serta Logistik BPBD NTB, Agung Pramudja mengutarakan walaupun belumlah ada laporan korban dari dua gempa yg berlangsung berurutan itu, rusaknya terparah berlangsung di Lombok Timur.

" Banyak berlangsung rusaknya di Desa Sugiyan serta Sembalun, Lombok Timur, " jelas Agus.

" Bukit Pegangsingan longsong, ikut beberapa titik di Gunung Rinjani, " paparnya.

Gempa yg menyerang.menimpa Lombok pada 5 Agustus terus sudah memicu 436 orang wafat serta 352. 793 orang yang lain mengungsi.

Tubuh Antariksa AS (NASA) mengemukakan gempa itu ikut memicu kenaikan daratan Pulau Lombok setinggi 25 sentimenter.
Selengkapnya : cerita pendek

No comments:

Post a Comment

Industri Kreatif dalam Bidikan Para Pengusung Modal

Saat ini, pesan kopi di cafe dapat dikerjakan melalui aplikasi. Warunk Upnormal serta Fore Coffee udah mengawalinya. Di Warunk Upnormal, pen...