Tuesday, December 18, 2018

Yuk Simak, Sholat Tanpa Doa Iftitah Tidak Sah?

Dalam pergerakan sholat ada amalan berwujud membaca doa iftitah. Doa ini diucapkan selesai takbiratul ikram serta sebelum membaca Surat Al Fatihah.
Baca juga : tata cara sholat dhuha

Tapi, kadangkala kita temui imam tdk memberikan sela untuk membaca doa iftitah hingga langsung membaca Surat Al Fatihah. Perumpamaannya disaat sholat Tarawih.

Selanjutnya, apa sholat demikian tdk resmi?

Dilansir dari halaman rumaysho, jumhur ulama menghukumi membaca doa iftitah menjadi amalan sunah. Amalan ini tidaklah sampai dihukumi perlu.

Imam An Nawawi memaparkan, doa iftitah disunahkan dibaca oleh tiap-tiap orang sholat. Baik imam, makmum, munfarid (sholat sendiri) . Pun untuk semua sholat baik yang perlu atau sunah.

Doa ini dikecualikan dibaca pada sholat jenazah, sholat Id, serta sholat berbeda.

Mazhab Hambali berpandangan sholat sunah kalau lebih dari sekali salam seperti sholat tarawih, dhuha, sunah rawatib, karena itu membaca doa iftitah dijalankan tiap-tiap dua rakaat, yang pasti disaat mengawali sholat. Sesaat ulama berbeda berpandangan doa iftitah dibaca cukuplah disaat mulai serangkaian sholat.
Artikel Terkait : doa setelah sholat dhuha

Kalau imam tdk membaca doa iftitah, makmun disarankan masih membaca doa itu. Perihal ini menunjuk pada pandangan ulama Mazhab Syafi'i yang mengatakan disunahkan buat makmum untuk membaca doa iftitah meskipun imam udah mengeraskan bacaan suratnya serta makmum mendengarnya.

No comments:

Post a Comment

Industri Kreatif dalam Bidikan Para Pengusung Modal

Saat ini, pesan kopi di cafe dapat dikerjakan melalui aplikasi. Warunk Upnormal serta Fore Coffee udah mengawalinya. Di Warunk Upnormal, pen...