Wednesday, May 8, 2019

Jangan Lewatkan Sistem Rancang Strategi Mudik Lebaran

Meskipun mudik lebaran masih lama, masuk hari pertama puasa, Pemerintah Wilayah Propinsi (Pemdaprov) Jawa Barat langsung bergerak cepat dengan merencanakan persiapan mudik Lebaran 2019.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan, walaupun baru hari pertama puasa tetapi yang diulas persiapan mudik seperti kemacetan, kecelakaan jalan raya, pasar tumpah, dan resiko yang lain yang bisa mengganggu kesibukan mudik.

Turut diulas beberapa area lokasi Ja-bar dengan ciri-khas kemacetannya.

’’Salah satu area yang diawasi tahun ini area Bekasi terutama ruas Tol Jakarta – Cikampek.
Simak Juga : contoh SOP



Iklan
Sekarang ini di Tol Cikampek ada tiga kesibukan kon­struksi rasio besar, ialah project Kereta Api Cepat Ja­karta -Bandung, Light Rail Transit (LRT) , serta Tol Layang (Elevated) , ’’kata pria yang akrab dipanggil Emil pada wartawan di Gedung Sate tempo hari. (6/5) .

Ia menilainya, kehadiran tiga project ini di khawatirkan bisa membatasi arus mu­dik dengan jadi biang kemacetan. Hingga, untuk mengantisipasinya Pemprov bakal selekasnya kerjakan ko­ordinasi dengan pihak ter­kait.

”Besok Pak Menteri Perhu­bungan peluang ke Bandung merapatkan mudik, ”kata ia.

Diluar itu, permasalhan lain­nya yang sering berlangsung ialah pembayaran tol non tunai tidak seutuhnya menghi­langkan antrean di loket serta kemacetan di kira-kira gerbang. Ini yang penting diperkirakan. Hingga, ia menginstruk­sikan piranti wilayah khu­susnya Dinas Perhubungan serta Layanan Marga biar men­cari pemecahan ampuh biar ma­salah tidak terulang kembali.

Dalam rapat itu, salah satunya sebagai perhatian serius ialah masih terdapatnya riskan kecelakaan di Tol Ci­pali. Dikarenakan, saat kebera­daan tol itu udah ba­nyak sekali menggunakan korban jiwa. Masalah ini, besar kemungkinan sebab type jalan senantiasa lurus dengan permukaan ja­lan bergelombang.

Lihat : Yana Memohon PIPPK Dikawal Semua Pihak
”Sehingga jika orang ng­antuk, atau udah kelamaan, dan sebagainya, ya riskan, ’’kata ia.

Untuk mengantisipasinya yaitu dengan bangun banyak rest ruangan yang sekarang ini belum memenuhi serta me­madai.

Diluar itu, Pemdaprov Ja-bar akan juga bekerjasama dengan beberapa perusahaan swasta lewat dana CSR un­tuk menghadirkan program mudik gratis. Masalah ini jadi Pertimbangan dikarenakan masy­arakat sejumlah kota di Ja-bar jadi maksud rantau, oto­matis bakal banyak pendatang yang butuh dibantu untuk pulang ke kampung halaman.

Emil menjelaskan, kesibukan mudik di Ja-bar tahun ini semakin lebih lancar. Masalah ini sebab Tol Trans -Jawa Utara udah bekerja penuh. Hingga diprediksikan kendaraan semakin lebih terdistribusi serta arus semakin lebih lancar.

Akan tetapi, untuk lokasi Ja-bar yang akan jadi konsentrasi ada­lah lokasi Priangan timur. Di mulai dari arah Nagreg, Ka­bupaten Bandung, sampai Arah Gentong, serta sejumlah titik berlangganan macet, bakal kita kasih perhatian.

Karena itu, jadi langkah program waktu panjang, ia berkemauan percepat proy­ek LRT Tegalluar -Stasiun Bandung, yang menjadi moda penghubung Kereta Api Cepat Jakarta -Bandung.

Laporan paling akhir yang dite­rima Gubernur, bulan Juni 2021 dikehendaki project bisa usai. Sesudah trase pertama Tegalluar-Stasiun Bandung usai, bakal disusul dela­pan trase LRT Bandung Raya.

Lihat : Earth Hour Diprioritaskan di Cireundeu
”Yang tentu kelak kami izin ke Pak Menteri, kedepannya sta­siun Cimekar bakal kita tukar ditarik dikit ke dekat Masjid Al -Jabbar Gedebage. Jadi orang kelak dapat ke masjid, keluar kereta jalan kaki ke masjid yang ada danaunya, ” kata Emil.

Lalu, untuk reakti­vasi arah kereta api, per­kembangannya Arah Cibatu-Garut udah bakal usai tahun ini. Jadi tinggal Jatinang­or, Banjar -Pangandaran.

”Dan yang paling melawan ialah arah Bandung -Ciwi­dey. Jika lihat hasil dari survey memang benar ada pabrik, ada rumah, ada jenis -ma­cam yang mangambil jakur eksisting. Hingga ada ren­cana pembebasan atau ele­vated sedang diulas, ” tan­dasnya.

Selain itu berdasar pada data dari Polda Ja-bar sepan­jang 2018 ini sekitar 3. 345 nyawa manusia melayang-layang karena laka terus.

Bahkan juga jumlahnya laka terus kendaraan bermotor di Ja-bar menggapai 6. 914 insiden.

Meskipun dijelaskan mengalami penurunan dibanding dengan 2017. Pada tahun kemarin, jumlahnya kor­ban wafat men­capai 3. 927 orang.

Selain itu, untuk mem­perlacar mudi lebaran tahun ini, Pemerintah pusat me­nyiapkan dua ide ialah arah satu arah (oneway) atau aplikasi ganjil genap di tol.

Menteri Perhubungan (Men­hub) Budi Karya Sumadi menyampaikan, mudik lebaran 2019 mesti berjalan lebih baik dari tahun awal mulanya. Karena itu kami (Pemerintah Pusat, red) sama-sama Pemerin­tah Wilayah, Polri, Polda serta lembaga berkaitan yang lain udah mempersiapkan dua ide ma­najemen jalan raya.
Simak Juga : pengertian CSR

Budi menyampaikan, jalan tol yang udah menyambungkan dari Jakarta sampai Surabaya diyakinkan bakal menarik mi­nat warga untuk meng­gunakan kendaraan pribadi.

Hingga, butuh dilaksanakan manajemen jalan raya biar tidak ada kepadatan.

“Nanti bakal kita finalkan manajemen jalan raya apa yang bakal diaplikasikan serta saya sangat percaya Kakorlantas bisa men­jalankan secara baik, ” pungkasnya.

Menhub mengatakan, kon­sep satu arah serta ganjil genap itu disediakan tidak lain tuju­annya ialah biar mudik yang dilalui oleh warga dapat nyaman serta lancar.

Tidak cuman ada peraturan se­perti perpindahan gerbang tol Cikarang, namun dengan harapan warga yang tinggi untuk coba jalan tol, menurut Budi, butuh di­antisipasi beberapa langkah lain seperti aplikasi ganjil-genap.

“Jadi saya memohon peng­ertian warga kalau ketentuan kita ini tidak dikarenakan kita mau aneh-aneh, kita melakukan ini semua sebab malah biar masy­arakat bisa mudik dengan nyaman serta lancar, ” ung­kap Budi. (yan/fin)

HASIL SURVEI ANGKUTAN LEBARAN TAHUN 2019 BADAN LITBANG PERHUBUNGAN

TOTAL JUMLAH PEMUDIK DARI JABODETABEK SEBANYAK 14, 9 JUTA

TUJUAN TIGA PROVINSI TUJUAN MUDIK TERBESAR

JAWA TENGAH sekitar 5, 6 juta atau 37, 68 prosen
JAWA BARAT 3, 7 juta lebih atau 24, 89 prosen.
JAWA TIMUR 1, 6 juta lebih atau 11, 14 prosen.
TUJUAN KOTA TEBANYAK PEMUDIK DI JAWA TENGAH

Surakarta sekitar 642 ribu
Semarang 563 ribu
Tegal 354 ribu

No comments:

Post a Comment

Industri Kreatif dalam Bidikan Para Pengusung Modal

Saat ini, pesan kopi di cafe dapat dikerjakan melalui aplikasi. Warunk Upnormal serta Fore Coffee udah mengawalinya. Di Warunk Upnormal, pen...