Monday, October 28, 2019

11 Kisah Hantu-hantu Seribu Percakapan

Sebelas kejadian diucapkan banyak seniman lewat karya-karya yang menguraikan kembali romantisme masa dulu Kaliurang, dalam seni site specific berbalut obyek 900 mdpl.

Pengunjung dibawa buat telusuri tempat b
erbeda sambil mengungkap kejadian yang sempat berlangsung di Kaliurang, berdasar pada kenangan masyarakat ditempat. Kejadian hantu-hantu seribu penuturan.

Dengan LIR jadi direktur artistik serta dikuratori oleh Mira Asriningtyas, 900 mdpl menyuguhkan karya dari 10 seniman yang ditebar di 10 titik dengan semasing kisahnya.
Simak Juga : metode penelitian adalah

Bagaimana respon anda perihal artikel ini? Senang Inspire Confuse Sad
Mengenai 10 seniman yang share kejadian lewat karya dalam 900 mdpl yaitu Maryanto, Fyerool Darma, Mark Salvatus, Rara Sekar, Yudha Sandy, Jompet Kuswidananto, Agung Kurniawan, Lala Bohang, Arief Budiman serta Paoletta Holst.

Kaliurang dalam 11 Kejadian Hantu-hantu Seribu Penuturan
(900 MDPL - Pameran seni site specific bertema 900 mdpl, berisi karya 10 seniman yang bertutur kejadian Hantu-Hantu Seribu Penuturan. Poto : Dok. Arthurio Oktavianus)

Titik paling akhir jadi area ke-11 dari perjalanan 900 mdpl yaitu Museum Seribu Penuturan, yang diisi karya dari Anggun Priambodo, Dimaz Maulana, Grup Photography Kaliurang & Dito Yuwono, Edita Atmaja, Maryanto, Mella Jaarsma, Sandi Kalifadani, Ibnu Hadi Harli, Barokah serta arsip yang datang dari Kaliurang.

Lewat peta perjalanan yang dapat dibeli pengunjung, pengelola mengatakan kalau judul “900 mdpl : Hantu-Hantu Seribu Percakapan” berdasar pada sistem analisa yang memanfaatkan percakapan-percakapan dengan banyak tetua penduduk di lebih kurang desa, konsentrasi pada apa yang berlangsung di Kaliurang dalam barisan saat histori Indonesia yang lebih luas.

Pameran 900 mdpl dilakukan pada 18-27 Oktober 2019, dengan titik kumpul serta pusat kabar di Jl. Astomulyo 69, Kaliurang, Yogyakarta.

Menurut pengunjung asal Yogyakarta, Gita, pameran ini begitu begitu bagus. Lewat karya yang diunjukkan, pengunjung dapat paham kisah-kisah yang berlangsung di Kaliurang, yang tidak sempat pengunjung dengar serta pahami awal mulanya.

Kaliurang dalam 11 Kejadian Hantu-hantu Seribu Penuturan
(Pengunjung yang mau mendatangi pameran 900 mdpl bakal dibimbing oleh guide atau peta yang dapat diperoleh pengunjung di pusat kabar. Poto : Dok. Arthurio Oktavianus)

“Pameran yang didatangkan tentang kehidupan Kaliurang di saat lampau, yang cerita terkait trauma, perasaan sedih, kisah-kisah yang dilalaikan. Hampir serupa dengan Kaliurang sekarang ini, ” ujar mahasiswi kampus negeri di Yogyakarta, Jumat 25 Oktober 2019 waktu lalu.
Artikel Terkait : contoh variabel penelitian

Kaliurang yaitu desa di lereng selatan Gunung Merapi. Desa ini dahulunya sebagai tempat peristirahatan pakar Geologi Belanda di saat kolonial. Tahun 1923, dibikin jalan raya yang mempertautkan kota Yogyakarta-Kaliurang.

Sejak mulai ada jalan raya itu, Kaliurang mulai berubah menjadi wilayah wisata terkenal, sampai akhir jaman Orde Baru. Waktu bergeser cepat. Banyak kejadian yang sempat berlangsung di Kaliurang, terkait kehidupan penduduknya yang meriah sampai kejadian ironis.

Kisah-kisah berikut ini yang coba diangkat kembali dalam 900 mdpl, jadi kejadian yang masih diingat oleh masyarakat ditempat serta mulai kabur tergerus pergantian era.

No comments:

Post a Comment

Industri Kreatif dalam Bidikan Para Pengusung Modal

Saat ini, pesan kopi di cafe dapat dikerjakan melalui aplikasi. Warunk Upnormal serta Fore Coffee udah mengawalinya. Di Warunk Upnormal, pen...